Minggu, 22 April 2012

Analisis Jurnal
Penggunaan Sistem Pakar dalam Pengembangan portal Informasi
untuk Spesifikasi Jenis Penyakit Infeksi”

           
 Dalam jurnal “Penggunaan Sistem Pakar dalam Pengembangan portal Informasi
untuk Spesifikasi Jenis Penyakit Infeksi” dalam (Rahmadi Wijaya) membahas tentang salah satu metode diagnose dengan menggunakan teknik komputer, yaitu system pakar yang merupakan salah satu bidang artificial intelligence. Sedangkan definisi system pakar adalah sebuah program komputeryang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang pakar, dimana Sistem Pakar menggunakan pengetahuan (knowledge),fakta, dan teknik berfikir dalam menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar dari bidang yang bersangkutan. Dalam pengembangan suatu Sistem Pakar, pengetahuan (knowledge) mungkin saja berasal dari seorang ahli, atau merupakan pengetahuan dari media seperti majalah, buku, jurnal, dan sebagainya. Selain itu pengetahuan yang dimiliki Sistem Pakar bersifat khusus untuk satu domain masalah saja. Semakin banyak pengetahuan yang dimasukan kedalam Sistem Pakar, maka system tersebut akan semakin baik dalam bertindak, sehingga hampir menyerupai pakar yang sebenarnya.
            Tujuan dari sebuah Sistem Pakar adalah mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar kedalam komputer dan kemudian kepada orang lain (non expert). Aktivitas pemindahan kepakaran adalah :
- Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lain)
- Knowledge Representation (ke dalam komputer)
- Knowledge Inferencing
- Knowledge Transfering


            Dalam kaitan nya sistem pakar dengan spesifikasi jenis penyakit infeksi didalam jurnal ini adalah untuk Memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan menciptakan sebuah sarana penyampaian informasi dan pembelajaran yang efektif menyangkut dunia kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan penyakit-penyakit infeksi dan juga Membantu dalam melakukan identifikasi penyakit infeksi secara dini, melalui pengolahan komputer, sehingga penanganan lebih lanjut terhadap penyakit tersebut dapat dengan cepat dilakukan.
Hasil Analisa
            Dalam jurnal ini sistem pakar menggunakan teknik pelacakan kedepan (forward chaining) dan penelusuran data depth-first search yang diimplementasikan kedalam serangkaian teknik query database, sehingga memungkinkan dilakukan perbaikan pengetahuan dari Sistem Pakar dan dan Sistem Pakar untuk spesifikasi jenis penyakit infeksi dikembangkan menggunakan bahasa pemograman PHP. serta database MySQL sebagai tempat penyimpanan data dan basis pengetahuan. Adapun script pendukung lainnya diantaranya HTML, dan Java Script.
             Jadi hasil akhir atau analisis yang dapat disimpulkan adalah adanya keterkaitan penggunaan system pakar dengan pengenalan spesifikasi jenis penyakit infeksi bertujuan untuk :
§  Memberikan gambaran secara umum, penjelasan, dan bila diperlukan dapat menyampaikan asumsi-asumsi kepada masyarakat menyangkut penyakitpenyaki infeksi.
§  Memahami dan memperoleh model pengetahuan untuk spesifikasi jenis penyakit-penyakit infeksi.

Demikian hasil analisa yang dapat saya berikan semoga dapat bermanfaat untuk penulis dan para pembaca yang membutuhkan analisa kasus diatas. Terima kasih.

Jurnal ini di terbitkan oleh RAHMADI WIJAYA dan dengan persetujuan beliau saya menganalisa jurnal tersebut untuk kepentingan tugas dalam mata kuliah softskill.
Daftar Pustaka:
[Abd03] Abdul Kadir, 2003, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP.
[Ade92] Adelman, S., and L. (1992), Evaluating Expert System. New York : John Wiley.
[AlZ92] Al-Zobaidie, A., and J.B. Grimson (1987, February), Development of Expert
[Did03] Didik Dwi Prasetyo, 2003, Administrasi Database Server MySQL.
[Ken97] Kenneth A Kozar, 1997, The Technique of Data Flow Diagram.
[Muh05] Muhamad Arhami, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar