Jumat, 06 April 2012

Jenis Pekerjaan di Bidang Psikologi Yang Berkaitan Dengan Komputer

Lulusan sarjana psikologi dalam perkembangan nya mengalami kemajuan dalam penyerapan ketenaga kerjaan bagi perusahaan-perusahaan saat ini. sarjana psikologi dianggap sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan tujuan dalam mencapai target suatu organisasi. prospek atau peluang dunia kerja ini pun dimanfaatkan orang-orang untuk menekuni bidang psikologi. ilmu psikologi memang bisa dikatakan dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari aspek yang menggunakan tekhnologi maupun tidak. seorang sarjana psikologi juga mampu untuk memberikan pembaharuan dalam sumber daya manusia yang saat ini persaingan nya sangat ketat dalam dunia kerja. berikut ini adalah prospek sarjana psikologi yang pekerjaan nya membutuhkan komputer sebagai alat untuk mempermudah dalam menjalankan tugas-tugasnya.
1. Bidang Penelitian (conduct research). sarjana psikologi dalam berperan dalam bidang penelitian yang dapat menjadi dasar pengembangan ilmu dan dasar aplikasi ilmu sangat erat hubungan nya dalam pemakaian komputer dengan tujuan segala bentuk bahan mentah dari objek penelitian nya dimasukan dalam satu program komputer yang dapat menyimpan data-data yang bersifat pribadi maupun hasil penelitian nya yang akan di publikasi kan kepada pihak terkait.
2. HRD. sarjan psikologi yang bekerja sebagai staff HRD atau personalia harus mempunyai keahlian dalam menjalankan komputer guna penyimpanan data-data karyawan dan juga sebagai modul  untuk mencatat kegiatan penerimaan karyawan, mutasi karyawan dan perubahan ke system tetap dan lain-lain yang semua itu harus mempunyai data lengkap di komputer.
3. DOSEN. dosen yang mengajar dibidang psikologi sangat membutuhkan komputer untuk menjadikan mediasi pembelajaran kepada mahasiswa yang pada saat tertentu komputer wajib digunakan seperti pemberian materi berupa doc,excell,power point. hal ini untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa.
4. dibidang Komersial. sarjana psikologi banyak juga bekerja untuk perusahaan-perusahaan komersial atau iklan guna memberikan masukan untuk materi iklan yang akan ditayangkan kepada masyarakat. perusahaan tentu ingin bagaimana membuat trik agar daya beli konsumen meningkat. peran sarjana psikolog disini adalah membuat suatu konsep yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat dengan melihat hal apa yang sedang diinginkan pasar, contoh membuat iklan yang berwarna dan ceria akan mempengaruhi minat masyarakat untuk membeli suatu produk, dengan konsep selling yang tepat.
5. psikologi Forensik sarjana psikologi yang menekuni bidang forensik selain harus mengetahui alat hukum juga harus mengetahui sistem informasi didalam nya. karena psikologi forensik akan sangat dituntut ahli membaca dari efek-efek afektif, kognitif dan perilaku hukum. dan juga ahli forensik harus dapat menerjemahkan informasi psikologis kedalam kerangka suatu masalah yang dihadapinya. hal ini membutuhkan keahlian dalam menjalan kan komputer contoh pemindai sidik jari, retina yang semua ini sangat dituntut ahli dalam pengoperasian komputer.

Demikian beberapa prospek atau peluang dunia kerja bagi sarjana psikologi yang mungkin bisa dijadikan bahan referensi untuk memilih dunia kerja yang diinginkan. semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar